Sabtu, 04 Juni 2016

Pengalaman Menggapai puncak tertinggi di pulau jawa,Mahameru 3676MDPL

Tanjakan cinta
Semeru dengan nama puncak Mahameru puncaknya para Dewa itu julukan nya,Semeru gunung tertinggi di pulau jawa ini terletak di provinsi jawa timur kota lumajang,gunung dengan ketinggian 3676 meter di atas ketinggian laut,dan ke indahan danau Ranukumbolo nya yang bikin frees untuk di nikmati

Saya ingin berbagi pengalaman saya menaklukan gunung tertinggi di pulau jawa ini,2014 bulan mei saya  berangkat bersama teman komunitas pendaki saya dari cikeas bogor,kami membeli tiket dari 1 bulan sebelum nya dengan harga 60 ribu kereta MATRAREMAJA,mungkin tahun ini sudah naik harga tiket kereta gk semurah tahun 2014,

Kami pun berangkat menuju setasiun senen hari jumat,karna pemberangkatan kereta jam 2 siang jadi sejam sebelum nya sudah harus sampai di setasiun,setelah jam 2 mulai lah kami naik kereta untuk pemberangkatan ke kota malang jawa timur,perjalanan menempuh 16 jam naik kereta.maklum kami manaiki kereta ekonomi,sesampai di kota malang kami jam 7 pagi langsung naik mobil angkutan umum menuju pasar tumpang,dari pasar tumpang kami lanjut lagi naik truk bisa juga naik Jeep tapi harganya cukup mahal bagi kami,dari pasar tumpang ke ranupane sekitar 1jam,ranu pane adalah pos registrasi pendakian gunung semeru

Setelah registrasi selesai langsung kita mulai perjalanan pendakian,jalur yang masih datar pun menyambut kami,setelah melewati pos 1,2 dan 3,barulah perjalanan mulai menanjak,setelah jalur menanjak baru kami sampai di danau Ranukumbolo,, untuk menginap semalam dan menikmati malam di Ranukumbolo,setelah bermalam di danau ranu kaumbolo pagi nya setelah sarapan lanjut lagi kami untuk ke tempat camp yaitu kalimati,mulai jam 10 pagi kami meninggalkan Ranukumbolo dan jalur menanjak menapaki tanjakan Cinta,yang mitosnya ketika kita naik gk boleh menengok ke belakang mitos yang sudah lama ini pun banyak yang di percaya atau tidak dan itu hanya mitos

Setelah melewati tanjakan cinta,kita di suguhkan oleh pemandangan oro-oro ombo yaitu pohon ilalang yang berwarna ungu sangat idah ketika musim nya tiba,setelah melewati oro-oro ombo sampai lah di cemoro kandang atau di sebut hutan pinus,dari situ perjalanan mulai menanjak untuk ke arah kali mati,tenaga pun mulai kelelahan di sarankan untuk beristirahat mengisi tenaga lagi,sesampai nya di kalimati baru lah kita bisa memasang tenda lagi,karna kali mati adalah cam terakhir sebelum menaklukan puncak MAHAMERU,

Di kali mati kita bisa mengisi tenaga karna butuh banyak tenaga ketika nanti malam trecking ke puncak semeru,sumber air pun ada gk jauh dari kalimati sekitar 20 menit jalan yaitu ada di sumber mani namanya,dan di saran kan naik ke puncak semeru itu malam hari karna kita pagi sudah harus turun lagi dari puncak mahameru ,karena racun blerang nya sudah ke arah jalur pendaki,

Malam pun tiba kami bergegas untuk mepersiapkan segalannya untuk summit ke Mahameru,kami pun mulai summit ke puncak jam 10 malam karna mengantisipasi terlalu lama perjalanan, jangan lupa membawa air minum dan sedikit makanan ringan,berdoa untuk setiap kelancaran pendakian itu di harus kan,kami mulai menuju puncak mahameru dengan jalur pasir terus menanjak dan terjal,selalu berhati-hati ketika berjalan di atas pasri dengan kemiringan terjal,karena sangat rawan terjadi kecelakaan

Waktu mulai menunjukan jam 4 pagi tapi kami pun belum juga sampai puncak mahameru,di tengah-tengah perjalanan kami di suguhkan pemandangan yang sangat indah yaitu gumpalan awan putih terlihat indah,karna kita sedang di atas gumpalan awan dan melihat terbitnya matahari,setelah 8 jam perjalanan menuju puncak mahameru .kami pun sampai jam 6 pagi,puji syukur tak henti kami ucapkan karna begitu melelahkan jalur menuju puncak 3676 MDPL

kami pun tak melewat kan momen berfoto bersama,dan adapula menikmati letusan wedus gembel yang kelur dari kawah mahameru,cukup aman karna di bawah jam 10 pagi angin berlawanan arah,di harus kan di bawah jam 10 pagi kita juga harus turun,karena sangat bahaya sekali jika kta melewati jam 10 pagi  masih di puncak karena racun wedus gembel sudah searah ke jalur pendakian,kami pun tak lama menghabiskan waktu di puncak dan segera turun

Setelah turun kami pun menghabiskan waktu semalam lagi di danau Ranukumbolo,

Di sarankan untuk pendaki di siapkan segala kebutuhan pendakian,safety moutain

Terimakasih sekian pengalaman saya yang bisa di bagikan,mohon maaf jika salah kata,