Senin, 30 Mei 2016

5 TIPS AGAR WANITA TIDAK DI ANGGAP MENJADI PENYUSAH SAAT MENDAKI GUNUNG


5 TIPS AGAR WANITA TIDAK DIANGGAP MENJADI PENYUSAH SAAT MENDAKI GUNUNG
Saat ini, kegiatan mountaineering seperti mendaki gunung atau kegiatan outdoor lainnya bukan lagi hanya milik kaum adam. Para wanita kini makin banyak yang menggeluti aktivitas outdoor. Namun kabarnya, para pria banyak yang merasa malas untuk membawa teman-teman mereka yang berjenis kelamin wanita. Alasan klasiknya adalah malas repot karena perempuan/ cewek/ wanita itu ribet. Ada benarnya juga karena memang sering kali wanita membuat dirinya menjadi makhluk yang menyebalkan selama perjalanan dalam kelompok yang terutama terdiri dari laki-laki
Sebenarnya tidak semua wanita menyusahkan bila dibawa mendaki gunung. Biasanya para penyusah ini adalah new player/ beginner dalam kegiatan outdoor. Untuk itu bagi para pemula dan wanita, di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda tidak dinobatkan sebagai penyusah dan membuat malas teman-teman laki-laki anda untuk membawa anda dalam pendakian dan petualangan selanjutnya.
1. BARANG BAWAAN.
Wanita yang terkenal ribet, sudah saatnya kita bersifat ringkas terutama bila ingin mendaki gunung. Saran saya untuk barang-barang pribadi bawa dan pilihlah barang-barang yang benar-benar diperlukan, jangan membawa banyak barang yang nantinya tak berguna. Untuk alat-alat kecantikan bawalah deodoran, sunblok dan krim malam that’s all! untuk alat mandi bawa dalam ukuran mini dan ringkas.
Sebenarnya anggota tim laki-laki tidak akan membebankan barang-barang berat kepada anda, mereka cukup senang bila paling tidak anda bisa membawa barang pribadi anda sendiri termasuk air minum. Bawa lah air minum untuk mencukupi kebutuhan anda sendiri dan mandiri lah. Saya tetap menyarankan anda untuk tahu diri. Walaupun teman-teman anda tidak membebankan barang kelompok kepada anda (terkecuali sudah tidak ada tempat), anda harus menawarkan diri untuk membawa sedikit sehingga mereka akan menghargai anda.
2. BUANG AIR.
Permasalahan lain yang sering membuat sebal adalah buang air (besar/kecil). Bagi anda yang suka buang air kecil, tolong jangan sampai menyusahkan orang lain. Bila sudah ada keinginan untuk buang air kecil segera lah permisi/ pamit ke teman-teman anda, cari tempat yang kira-kira cukup tertutup dari pandangan orang (bagus kalau ada sungai kalau tidak ya tidak apa-apa) dan jangan jauh-jauh. Jangan banyak bingung, takut dan berpikir, cepat saja pipis!, karena ketakutan anda diintip orang atau ada hantu saat malam malah menghabiskan waktu dengan sia-sia dan ingat ketakutan itu hanya ada di pikiran anda. Untuk keperluan buang air ini, sebaiknya anda membawa tisu khusus. Jangan menggunakan air minum kecuali anda berada di tempat air yang melimpah.
Biasanya wanita jarang berhasrat untuk buang air besar di gunung termasuk saya sendiri karena kondisi psikologi. Tapi bila anda benar-benar ingin melakukannya, come on be a wise girl, cari lah tempat yang cukup aman dan jangan banyak berpikir. Jangan lupa untuk menggali dan mengubur lubang kembali!
3. PERGERAKAN.
Mendaki gunung itu aktivitas yang melelahkan apalagi medan menanjak. Tolong lah bagi para wanita untuk tetap bersemangat, jangan selalu berkeluh - kesah karena itu tidak membantu anda lari dari tanjakan, itu akan membuat anda semakin kehilangan energi. Bila anda tidak memiliki tenaga kuli cukup lah berusaha jalan dengan tempo stabil sambil mempertahankan semangat. Percaya lah anda bisa! Cam kan dalam pikiran anda I can if I think I can!
4. WAKTU, TEMPAT & PRIVASI.
Setelah sampai di camping ground area biasanya semua orang butuh menghangatkan diri/ mengganti baju perjalanan dengan baju kering untuk tidur. Dan lagi-lagi wanita pasti membutuhkan privasi dan sering kali dipersilakan teman - teman pria untuk menyicipi tenda dome terlebih dahulu. Saat itu silakan efisiensikan waktu anda, anda harus bergegas mengganti baju, merawat wajah dan merapikan barang-barang. Jangan berlama-lama di dalam tenda sementara teman-teman anda yang lain kedinginan di luar.
5. SIKAP.
Be a nice partner girl! Teman-teman pria anda akan sangat menghargai anda bila anda tanggap dan tidak manja di saat - saat yang tidak tepat. Misalnya, ketika sampai di camping area, saat para pria sibuk membangun tenda, anda bisa memasak air dan membuatkan minuman hangat, ketika tenda sudah siap anda bisa membantu untuk mengatur dan merapikan isi dalam tenda, gantian memasak dan membersihkan alat masak/ makan. Anda memiliki kemungkinan kecil untuk diminta mengambil air, namun sesekali anda harus menawarkan diri atau bila anda kebagian menjaga camp saat yang lain mengambil air lakukan lah aktivitas yang berguna bagi semua anggota tim.
Yang perlu anda ketahui adalah, semenjak anda bergabung ke dalam tim, wanita akan tetap menjadi orang yang paling dimanja/ dilindungi dalam kelompok. Namun anda harus sadar bahwa saat - saat mendaki gunung adalah saat dimana teman-teman anda membutuhkan anda untuk lebih mandiri dan lebih tanggap dari biasanya serta bisa diandalkan sebagai anggota team

2 komentar: