Rabu, 25 Mei 2016

Tips memanggul carrier yang baik


TEKNIK SEDERHANA MEMANGGUL CARRIER SAAT MENDAKI
Pendaki gunung memiliki berbagai macam resiko cedera, salah satu nya adalah cedera pada punggung dan pinggang. Jika kita tidak berhati-hati atau bahkan menganggap sepele dengan cara membawa ( memanggul carrier ), maka itu artinya kita mempunyai potensi mengalami cedera kebongkokan pada tubuh ( punggung ) kita dan disertai dengan cedera pada pinggang atau pada anggota tubuh yang lain.
Kebongkokan bisa terjadi pada pendaki yang membawa beban berlebihan dengan posisi yang non-ergonomis. Ergonomis yaitu penyesuaian fungsi desain peralatan untuk meningkatkan kenyamanan.
Pilihlah jenis carrier yang ergonomis dan yang membantu mengamankan punggung kita. Ergonomis pada carrier adalah bagian punggungnya sesuai dengam lekukan punggung. Bahan frame yang kokoh juga memastikan lekukan dan kelenturan tetap terjaga selama membawa beban. Bantalan/busa yang nyaman memastikan posisi punggung tetap simetris kiri dan kanannya. Bantalan/busa yang nyaman juga dapat memastikan posisi punggung tetap simetris kiri serta kanan.
Posisi yang simetris juga dapat menghindari tulang bengkok ke kanan/kiri (Skoliosis). Jika carrier kita ergonomis, maka saat berjalan posisi kita juga akan tetap ergonomis, posisi saat mendaki tidak terlalu membongkok atau terlalu tegak, namun agak condong ke depan. Posisi berjalan condong ini sesuai dengan kemiringan tanjakan. Semakin miring, semakin condong badan.
Demikianlah ulasan singkat mengenai teknik yang sederhana dalam memanggul carrier saat kita mendaki gunung yakni posisi ergonomis ketika saat (selama ) kita mendaki gunung. Dengan memahami peralatan & posisi yang ergonomis, kita akan terhindar dari risiko cedera pada punggung ( bengkok atau menjadi bongkok) dan cedera pada pinggang serta anggota tubuh kita yang lain. Yang perlu diperhatikan juga adalah “PRINSIP BEBAN MAXIMAL”, yaitu Beban yang dibawa harus maximal 1/3 dari berat badan. Begitulah cara untuk menghindari tulang punggung dari cedera kebongkokan/bengkok.
SEMOGA BERMANFAAT…SALAM DAMAI RIMBA GUNUNG, LAUT DAN ALAM SEMESTA LESTARI

1 komentar:

  1. kalau saran saya si kalau bawa cariel jangan terlalu keberatan hehehe

    BalasHapus