Kamis, 20 Oktober 2016

Ada tempat camping yang nyaman sekitaran kelapanunggal Bogor

Kelapanunggal berada di bogor timur yang lokasi nya berdekatan dengan cileungsi,kelapanungga yang termasuk masih banyak daerah perbukitan yang sudah di jadikan pertambangan oleh Pabrikan semen

Mungkin ada sebagian yang sudah tau lokasi Goa lalay yang ada di bealakang polsek kelapanunggal,ya Goa lalay emang asik buat acara camping ground buat yang ada di sekitaran kecamatan kelapanunggal,camping di goa lalay/goa kelawar menajikan tempat camping & buat rockclambing ada juga danau yg terletak di tempat camping

Camping dia Goa lalay kita bisa parkir motor kita di sebelahan tenda kita karana belum adanya tempat parkir,camping pun belum ada pungutan biaya yang resmi,

Maka dari itu karena belum ada tiket masuk di harapkan buat yang mau camping di goa lalay harus menjaga kebersihan tempat

TIPS MENDAKI GUNUNG BUKAN SEKEDAR MELINTASIHUTAN

.TIPS MENDAKI GUNUNG.
HIKING bukan sekedar petualangan kecil melintasi hutan kecil. Hiking ternyata punya faedah besar untuk kesehatan kita. Untuk mempertahankan kerja jantung, mengurangi berat badan bahkan mengontrol diabetes.
Jadi tunggu apa lagi? Kenakan boots anda dan pergilah hiking!Menurut pakar latihan fisik di AS, hiking adalah cara yang menyenangkan untuk membentuk tubuh karena dilakukan di alam terbuka. Jadi bukan sekedar latihan aerobik yang efektif namun juga mampu membersihkan pikiran kita. Hiking menawarkan keseimbangan olah fisik dan olah pikiran.Melakukan hiking tidak perlu langsung rutin pergi keluar kota.
Anda bisa berjalan keliling blok kompleks sebagai permulaan. Hiking adalah salah satu cara penghancur lemak sekaligus menghindari osteoporosis. Bukan cuma itu berada di luar dan terkena paparan sinar matahari pagi yang kaya vit. D juga membantu kekuatan tulang dan tubuh.Bila kita melakukan hiking di area perbukitan dampaknya sangat bagus untuk kesehatan kardiovaskular seperti jantung karena gerakan kaki turun naik memberi jantung PR untuk bekerja lebih giat. Untuk para penderita diabetes, hiking memicu produksi insulin sehingga memperbaiki performa ginjal.
Hasil lain yang paling nyata mungkin perasaan rileks dan segar selesai hiking terlebih bila dilakukan di taman atau hutan kecil. Berikut beberapa tips untuk hiking yang sehat dan efektif yang dilakukan diluar kota:
1. Sebelum hiking ke hutan kecil jangan lupa bawa peta dan kompas agar tidak tersesat.
2. Hiking sesuai kemampuan fisik kita.
3. Bawa banyak air minum agar terhindar dari dehidrasi dan sedikit cemilan sehat yang mengandung protein dan karbohidrat agar level gula darah stabil. Jangan hanya minum bila merasa haus.
4. Gunakan pakaian yang cocok untuk cuaca tempat hiking kita. Jaket untuk daerah dingin dan topi untuk yang bersuhu tropis. Kenakan boots yang nyaman atau sepatu olahraga yang mampu mengakomodir beban tubuh.
5. P3K jangan ketinggalan selain senter, pisau lipat dan korek api.
6. Sun block please...SPF 15 atau lebih! Dan kacamata UV untuk mata agar aman dari ultraviolet.
7. Untuk yang "penyakitan", jangan ketinggalan obat-obatan khusus anda.
8. Jangan lupa cuci baju dan seluruh badan anda sebersih mungkin sepulang hiking untuk menghindari bakteri atau kuman yang menyerang selama berada di alam.

Rabu, 03 Agustus 2016

Rincian biaya transportasi dan masuk taman nasional gunung semeru

Assallam mulaikum kembali lagi saya tulis perjalanan & pengalamana saya,disini saya mau memberitahu kan biaya transportasi & registrasi pendakian ke gunung semeru 2016

Untuk perjalanan saya yang ke 2 kali mendaki gunung semeru,sekarang ada perubahan transportasi dan biaya menuju gunung semeru,mungkin 2 tahun yang lalu masih masih bisa menggunanakan transportasi truk untuk menuju ranupani,ranupani adalah pos registrasi untuk mendaki gunung semeru

Buat teman-teman pendaki khusus nya yang tujuan ke gunung semeru,sekarang sudah tidak bisa lagi menggunakan truk dari tumpang untuk menuju pos registrasi ranupani,sekarang di wajibkan menggunakan Jeep,

Buat teman- yang dari jakarata ini rincian biaya menuju gunung semeru
.dari pasar senen menuju setasiun baru kota malang biasa biaya kertea paling murah menggunakan matramaja yaitu Rp 109.000
.dari setasiun malang ke pasar tumpang biasanya boking angkot seharga 120rb -150rb tergantung kita menawarnya & berapa banyak nya penumpang biasanya,kalo kemarin kami hanya 8 orang jadi per orang nya di kena kan 15 rb
.dari pasar tumpang lanjut ke ranupani biasa nya boking 1 jeep 650rb,biasa di tawar lah jadi 6rts itu juga kalo bisa di tawar jadi 6rts ribu,saya dapet nya 6rts sekali berangkat di bagi 8 orang jadi 75 rb
.registrasi perhari mendaki gunung semeru di weekday 17.500 dan si weekend 22.500,biasa nya mendaki gunung semeru 4 hari untuk jalan santai & menikmati perjalana & saya kemarin total per orang registrasi mendaki gunung semeru 75rb,jika di total -total transport & registrasi 500rb kurang lebihnya..belum termasuk biaya logistik 100rb dan biaya pribadi lainya,hanya 8 ribu aja udah cukup tapi termasuk biaya untuk membeli sovenir

Terimakasih hanya itu yang bisa saya jelaskan untuk biaya transportasi & registrasi untuk ke gunung semeru
Follow me instagra m @Boikmaulana

Sabtu, 02 Juli 2016

Jalur menuju wisata kawah ratu gunung salak

Dalam kesempatan kali ini , saya akan berbagi tentang tempat wisata yang berada dikawasan gunung salak yaitu , 'kawah ratu' , ada yang pernah berkunjung ke kawah ratu ?
Inilah beberapa kisah tentang kawah ratu, cekidot!
Gunung salak mempunyai banyak sekali tempat eksotis dan memukau,gunung salak berada di jawabarat tepat nya berada di dua kota yaitu koya BOGOR dan Kota SUKABUMI, yang sangat direkomendasian bagi para traveller yang suka dengan wisata alam. namun gunung salak juga terkenal akan pesona mistis yang penuh misteri, masih ingatkan peristiwa jatuhnya pesawat di gunung salak, itu salah satu misteri gunung salak!. diluar dari pesona mistisnya, gunung salak memang telah menjadi tempat favorit dan menjadi icon wisata alam kota hujan bogor. dan salah satu tempat yang memiliki pesona eksotis di area gunung salak adalah pesona wisata kawah ratu yang memukau.
kawah ratu termasuk salah satu kawasan wisata yang menantang di daerah bogor. untuk mencapai kesana memerlukan tracking menelusuri hutan dan sungai yang cukup panjang. ada 3 alternatif jalur untuk menuju kawah ratu. jalur yang pertama melalui gunung bunder via pasir reungit dengan panjang tracking sekitar 3.5km dan dapat di tempuh sekitar 2.5 jam. jalur yang kedua masih melalui gunung bunder via curug seribu dengan panjang track sekitar 5km yang bisa di tembuh 3-4 jam, dan jalur yang ketiga jalur track melalui bumi perkemahan cidahu-sukabumi dengan panjang track 4.5km.<br>
jalur menuju kawah ratu memang cukup menantang, walau tidak terjal karena berada di ketinggian 800-900mdpl tapi tingkat kerapatan pohon, beraneka ragam jenis pepohonan serta track sungai & lumpur menjadi tantangan yang mengasikkan ketika menuju kawasan kawah ratu ini. curah hujan yang tinggi menyebabkan banyaknya mata air ,& aliran sungai kecil selama tracking menuju kawah ratu jd anda tidak perlu khawatir akan kehabisan sumber mata air. yang perlu anda perhatikan adalah kehati hatian meminum air dari sungai saat mendekati area kawah ratu, karena umumnya air sungai telah tercampur belerang ini bisa di cium dari bau dan rasa yang aneh, jika merasa air tidak layak minum lebih baik jangan di minum

Sabtu, 04 Juni 2016

Pengalaman Menggapai puncak tertinggi di pulau jawa,Mahameru 3676MDPL

Tanjakan cinta
Semeru dengan nama puncak Mahameru puncaknya para Dewa itu julukan nya,Semeru gunung tertinggi di pulau jawa ini terletak di provinsi jawa timur kota lumajang,gunung dengan ketinggian 3676 meter di atas ketinggian laut,dan ke indahan danau Ranukumbolo nya yang bikin frees untuk di nikmati

Saya ingin berbagi pengalaman saya menaklukan gunung tertinggi di pulau jawa ini,2014 bulan mei saya  berangkat bersama teman komunitas pendaki saya dari cikeas bogor,kami membeli tiket dari 1 bulan sebelum nya dengan harga 60 ribu kereta MATRAREMAJA,mungkin tahun ini sudah naik harga tiket kereta gk semurah tahun 2014,

Kami pun berangkat menuju setasiun senen hari jumat,karna pemberangkatan kereta jam 2 siang jadi sejam sebelum nya sudah harus sampai di setasiun,setelah jam 2 mulai lah kami naik kereta untuk pemberangkatan ke kota malang jawa timur,perjalanan menempuh 16 jam naik kereta.maklum kami manaiki kereta ekonomi,sesampai di kota malang kami jam 7 pagi langsung naik mobil angkutan umum menuju pasar tumpang,dari pasar tumpang kami lanjut lagi naik truk bisa juga naik Jeep tapi harganya cukup mahal bagi kami,dari pasar tumpang ke ranupane sekitar 1jam,ranu pane adalah pos registrasi pendakian gunung semeru

Setelah registrasi selesai langsung kita mulai perjalanan pendakian,jalur yang masih datar pun menyambut kami,setelah melewati pos 1,2 dan 3,barulah perjalanan mulai menanjak,setelah jalur menanjak baru kami sampai di danau Ranukumbolo,, untuk menginap semalam dan menikmati malam di Ranukumbolo,setelah bermalam di danau ranu kaumbolo pagi nya setelah sarapan lanjut lagi kami untuk ke tempat camp yaitu kalimati,mulai jam 10 pagi kami meninggalkan Ranukumbolo dan jalur menanjak menapaki tanjakan Cinta,yang mitosnya ketika kita naik gk boleh menengok ke belakang mitos yang sudah lama ini pun banyak yang di percaya atau tidak dan itu hanya mitos

Setelah melewati tanjakan cinta,kita di suguhkan oleh pemandangan oro-oro ombo yaitu pohon ilalang yang berwarna ungu sangat idah ketika musim nya tiba,setelah melewati oro-oro ombo sampai lah di cemoro kandang atau di sebut hutan pinus,dari situ perjalanan mulai menanjak untuk ke arah kali mati,tenaga pun mulai kelelahan di sarankan untuk beristirahat mengisi tenaga lagi,sesampai nya di kalimati baru lah kita bisa memasang tenda lagi,karna kali mati adalah cam terakhir sebelum menaklukan puncak MAHAMERU,

Di kali mati kita bisa mengisi tenaga karna butuh banyak tenaga ketika nanti malam trecking ke puncak semeru,sumber air pun ada gk jauh dari kalimati sekitar 20 menit jalan yaitu ada di sumber mani namanya,dan di saran kan naik ke puncak semeru itu malam hari karna kita pagi sudah harus turun lagi dari puncak mahameru ,karena racun blerang nya sudah ke arah jalur pendaki,

Malam pun tiba kami bergegas untuk mepersiapkan segalannya untuk summit ke Mahameru,kami pun mulai summit ke puncak jam 10 malam karna mengantisipasi terlalu lama perjalanan, jangan lupa membawa air minum dan sedikit makanan ringan,berdoa untuk setiap kelancaran pendakian itu di harus kan,kami mulai menuju puncak mahameru dengan jalur pasir terus menanjak dan terjal,selalu berhati-hati ketika berjalan di atas pasri dengan kemiringan terjal,karena sangat rawan terjadi kecelakaan

Waktu mulai menunjukan jam 4 pagi tapi kami pun belum juga sampai puncak mahameru,di tengah-tengah perjalanan kami di suguhkan pemandangan yang sangat indah yaitu gumpalan awan putih terlihat indah,karna kita sedang di atas gumpalan awan dan melihat terbitnya matahari,setelah 8 jam perjalanan menuju puncak mahameru .kami pun sampai jam 6 pagi,puji syukur tak henti kami ucapkan karna begitu melelahkan jalur menuju puncak 3676 MDPL

kami pun tak melewat kan momen berfoto bersama,dan adapula menikmati letusan wedus gembel yang kelur dari kawah mahameru,cukup aman karna di bawah jam 10 pagi angin berlawanan arah,di harus kan di bawah jam 10 pagi kita juga harus turun,karena sangat bahaya sekali jika kta melewati jam 10 pagi  masih di puncak karena racun wedus gembel sudah searah ke jalur pendakian,kami pun tak lama menghabiskan waktu di puncak dan segera turun

Setelah turun kami pun menghabiskan waktu semalam lagi di danau Ranukumbolo,

Di sarankan untuk pendaki di siapkan segala kebutuhan pendakian,safety moutain

Terimakasih sekian pengalaman saya yang bisa di bagikan,mohon maaf jika salah kata,

PUNCAK GUNUNG SEMERU

Oro_oro ombo

Senin, 30 Mei 2016

Transportasi dan jalur pendakian gunung CIKURAY garut jabar

CIKURAY adalah gunung tertinggi di kabupaten garut jawabarat dengan ketinggian 2821Meter di atas permukaan laut,gunung yang tidak aktif ini mempunyai 2 jalur resmi,yaitu jalur pemancar dan jalur bayombong,di sini saya mau berbagi pengalaman tentang biaya transfortasi dan pendakian gunung cikuray

menuju gunung cikuray bisa di tempuh dari kota mana saja dengan tujuan kota garut terminal guntur,kalo saya berangkat dari jakarta terminal kampung rambutan dengan naik bus jurusan kota garut biaya 55 ribu,setelah menempung perjalanan antara 4-5 jam dari jakarta ke garut,sesampai nya di terminal gunur Garut kita naik mobil pickup menuju pos pemancar dengan biaya 30 ribu,kurang lebih 1 jam dari terminal guntur,sesampai di pemancar kita bayar registrasi pendakian 10 ribu perorang

sebelum memulai pendakian alangkah baiknya kita mempersiapkan segala kebututuhaan kita seperti logistik dan alat-alat, jangan lupa bawa air yang cukup dari pos pemancar,karna sumber air hanya ada di pos pemancar,setelah semuanya di pastikan beres mulai lah pendakian dan jangan lupa berdoa untuk demi kelancaran dan keselamatan

peretama jalur tracking kita kan melewati perkebunan teh sebelum memasuki kawasan hutan,setelah melewati perkebunan teh kita akan di suguh kan tanjakan cihuy yang treck nya lumayan menajak,setelah melewati tanjakan cihuy kita baru memasuki kawasan hutan,gunung cikuray dengan treck yang terus menanjak,jarang pula menemukan jalur datar,dan sebelum sampai puncak cikuray kita terus-terusan  di suguhkan jalur menajak

di sela-sela jalur menajak di dalam hutan kita juga akan di suguhi pemandangan hutan yang indah,menuju puncak cikuary biasanya membutuhkan waktu 6-7 jam targantung fisik kita,kadang juga bisa kurang atau lebih,di puncak cikuray pun ada lahan cukup luas untuk mendirikan tenda ada puncak bayangan dan top puncaknya,di puncak pun berdiri bangunan kecil

biaya bisa berubah tergantung harga BBM naik atau turunnya,dan di gunung cikuray mempunyai sunrise terbaik di bandingkan dengan 2 gunung lainnya yang ada di garut

sekian dari pengalaman mendaki gunung cikuray  yang bisa dibagikan.
TERIMAKASIH
sunrise di puncak cikuray

perkebunan teh pos pemancar

5 TIPS AGAR WANITA TIDAK DI ANGGAP MENJADI PENYUSAH SAAT MENDAKI GUNUNG

5 TIPS AGAR WANITA TIDAK DIANGGAP MENJADI PENYUSAH SAAT MENDAKI GUNUNG
Saat ini, kegiatan mountaineering seperti mendaki gunung atau kegiatan outdoor lainnya bukan lagi hanya milik kaum adam. Para wanita kini makin banyak yang menggeluti aktivitas outdoor. Namun kabarnya, para pria banyak yang merasa malas untuk membawa teman-teman mereka yang berjenis kelamin wanita. Alasan klasiknya adalah malas repot karena perempuan/ cewek/ wanita itu ribet. Ada benarnya juga karena memang sering kali wanita membuat dirinya menjadi makhluk yang menyebalkan selama perjalanan dalam kelompok yang terutama terdiri dari laki-laki
Sebenarnya tidak semua wanita menyusahkan bila dibawa mendaki gunung. Biasanya para penyusah ini adalah new player/ beginner dalam kegiatan outdoor. Untuk itu bagi para pemula dan wanita, di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda tidak dinobatkan sebagai penyusah dan membuat malas teman-teman laki-laki anda untuk membawa anda dalam pendakian dan petualangan selanjutnya.
1. BARANG BAWAAN.
Wanita yang terkenal ribet, sudah saatnya kita bersifat ringkas terutama bila ingin mendaki gunung. Saran saya untuk barang-barang pribadi bawa dan pilihlah barang-barang yang benar-benar diperlukan, jangan membawa banyak barang yang nantinya tak berguna. Untuk alat-alat kecantikan bawalah deodoran, sunblok dan krim malam that’s all! untuk alat mandi bawa dalam ukuran mini dan ringkas.
Sebenarnya anggota tim laki-laki tidak akan membebankan barang-barang berat kepada anda, mereka cukup senang bila paling tidak anda bisa membawa barang pribadi anda sendiri termasuk air minum. Bawa lah air minum untuk mencukupi kebutuhan anda sendiri dan mandiri lah. Saya tetap menyarankan anda untuk tahu diri. Walaupun teman-teman anda tidak membebankan barang kelompok kepada anda (terkecuali sudah tidak ada tempat), anda harus menawarkan diri untuk membawa sedikit sehingga mereka akan menghargai anda.
2. BUANG AIR.
Permasalahan lain yang sering membuat sebal adalah buang air (besar/kecil). Bagi anda yang suka buang air kecil, tolong jangan sampai menyusahkan orang lain. Bila sudah ada keinginan untuk buang air kecil segera lah permisi/ pamit ke teman-teman anda, cari tempat yang kira-kira cukup tertutup dari pandangan orang (bagus kalau ada sungai kalau tidak ya tidak apa-apa) dan jangan jauh-jauh. Jangan banyak bingung, takut dan berpikir, cepat saja pipis!, karena ketakutan anda diintip orang atau ada hantu saat malam malah menghabiskan waktu dengan sia-sia dan ingat ketakutan itu hanya ada di pikiran anda. Untuk keperluan buang air ini, sebaiknya anda membawa tisu khusus. Jangan menggunakan air minum kecuali anda berada di tempat air yang melimpah.
Biasanya wanita jarang berhasrat untuk buang air besar di gunung termasuk saya sendiri karena kondisi psikologi. Tapi bila anda benar-benar ingin melakukannya, come on be a wise girl, cari lah tempat yang cukup aman dan jangan banyak berpikir. Jangan lupa untuk menggali dan mengubur lubang kembali!
3. PERGERAKAN.
Mendaki gunung itu aktivitas yang melelahkan apalagi medan menanjak. Tolong lah bagi para wanita untuk tetap bersemangat, jangan selalu berkeluh - kesah karena itu tidak membantu anda lari dari tanjakan, itu akan membuat anda semakin kehilangan energi. Bila anda tidak memiliki tenaga kuli cukup lah berusaha jalan dengan tempo stabil sambil mempertahankan semangat. Percaya lah anda bisa! Cam kan dalam pikiran anda I can if I think I can!
4. WAKTU, TEMPAT & PRIVASI.
Setelah sampai di camping ground area biasanya semua orang butuh menghangatkan diri/ mengganti baju perjalanan dengan baju kering untuk tidur. Dan lagi-lagi wanita pasti membutuhkan privasi dan sering kali dipersilakan teman - teman pria untuk menyicipi tenda dome terlebih dahulu. Saat itu silakan efisiensikan waktu anda, anda harus bergegas mengganti baju, merawat wajah dan merapikan barang-barang. Jangan berlama-lama di dalam tenda sementara teman-teman anda yang lain kedinginan di luar.
5. SIKAP.
Be a nice partner girl! Teman-teman pria anda akan sangat menghargai anda bila anda tanggap dan tidak manja di saat - saat yang tidak tepat. Misalnya, ketika sampai di camping area, saat para pria sibuk membangun tenda, anda bisa memasak air dan membuatkan minuman hangat, ketika tenda sudah siap anda bisa membantu untuk mengatur dan merapikan isi dalam tenda, gantian memasak dan membersihkan alat masak/ makan. Anda memiliki kemungkinan kecil untuk diminta mengambil air, namun sesekali anda harus menawarkan diri atau bila anda kebagian menjaga camp saat yang lain mengambil air lakukan lah aktivitas yang berguna bagi semua anggota tim.
Yang perlu anda ketahui adalah, semenjak anda bergabung ke dalam tim, wanita akan tetap menjadi orang yang paling dimanja/ dilindungi dalam kelompok. Namun anda harus sadar bahwa saat - saat mendaki gunung adalah saat dimana teman-teman anda membutuhkan anda untuk lebih mandiri dan lebih tanggap dari biasanya serta bisa diandalkan sebagai anggota team