Minggu, 24 April 2016

Transportasi dan jalur pendakian gunung papandayan

TEGAL ALUN GN PAPANDAYAN
Gunung papandayan adalah salah satu gunung yang berada di kabupaten garut,gunung yang masih aktif ini mempunya keindahaan yang sangat indah dengan pemandangan yang di suguhkan seperti hutan mati,ladang edelweis dan kawah yang mengeluarkan aroma belerang,gunung dengan ketinggian 2622 meter di atas permukaan laut ini

disi saya mau berbagi pengalaman perjalanan dan transportasi menuju gunung papandayan saya berangkat dari jakarta terminal kampung rambutan,biaya dari terminal ksmpung rambutan jakarta naik bus jurusan kota garut dengan biaya 55 ribu berhenti di terminsl guntur garut,barangkat dari kampung rambutan jam 8 malam sesampai di terminal guntur garut lanjut naik mobil angkutan kecil atau elef seharga 20 ribu,perjalan sekitar 30-45  menit berhenti di cisurupan atau gang masjid gunung papandayan lanjut lagi naik mobil pickup ke pos registrasi camp david seharga 20 ribu,sesampai di camp david bayar registrasi 15 ribu

Sesudah membayar registrasi pendaftaran mulai lah mrngecek ulang keperluan dan sebelum memulai pendakian sebaiknya berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian,biasanya pendakian di mulai pagi ketika matahari terbit sekitar jam 7 ,dari camp david kita menuju kawah belarang yang sudah jelas jalurnya dan di wajib ksn memskai masker atau penutup hidup agar kita tidak mual ketika melewati jalur kawah belerang karna bau yang sangat menyengat

Setelah melewati jalur kawah blerang kita di suguh kan pemandangan hutan mati dan tebing bebatuan yang sangat indah dan kita melewati aliran sungai kecil setelah nglewatin aliran air jalur semakin terjal menanjak jangan takut kalo kesasar karna jalur gunung panpandayan sudah cukup jelas

Sebelum sampai di pondok salada kita ada pemeriksaan simaksi atau registrasi ulang di pos 2,setelah selesai registrasi ulang bisa lanjut menuju pondok salada tempat camp terakhir dan bisa mendirikan tenda adapula pondok salada 1 dan pondok salada 2 untuk mendirikan tenda untuk beristirshat dan bermalam,total perjalanan dari pos 1 camp david menuju pondok salada membutuh kan waktu 4-5 jam pendakian tergantung kekuatan fisik kita

Di tempat camp pondok salada pun terdapat Mck dan sumber air yang cukup banyak,setelah bermalam di pondok salada pagi bisa di lanjutkan treking ke tegal alun atau puncak papandayan,di saran kan pagi itu harus sarapan terlebih dahulu.karna menuju tegal alun dan puncak cukup terjal menanjak,tenda dan alat-alat pun di tinggalkan di pondok salada,menuju tegal alun kita membutuh kan waktu 1-2 jam tergantung fisik kuat atau tidaknya

Tegal alun itu hamparan ladang edellewis yang sangat luas untuk kita menikmati banyaknya hamparan bungan edellewis dari tegal alun menuju puncak hanya dengan 15 menit,sesampai di puncak gunung papndayan kita bisa meliahat lebih jelas gunung cikuray yang berhadapan dengan gunung papandayan

Setelah menikmati puncak gunung papandayan jangan lupa untuk mampir ke hutan mati,yang berdekatan dengan tempat camp pondok salada,hutan mati dengan pemandangan pohon-pohon yang terbakar oleh letusan gunung papandayan biasanya juga hutan mati tempat mengambil momen foto dan sambil menikmati pemandangan kawah gunung papandayan

Setelah puas menikmati camping di gunung papandayan biaya transfortasi pun sama total biaya transfortasi terminal kampung rambutan jakarta -gunung papandayan garut hanya 220 ribu,itu tidak termasuk biaya logistik dan yang lainya

Pesan saya jaga dan terus lestarikan alam indonesia dengan tidak membuang sampah sembarangan dan Vandalisme

Terimakasih hanya itu yang saya bisa bagikan pengalaman perjalanan pendakian saya,mohon maaf jika ada salah kata dan saya pun akan terus berbagi pengalaman saya tentang menikmati keindahan alam indonesia